Mengunjungi Uzbekistan, negeri dimana terdapat ahli hadits terkenal yakni Imam Bukhari berasal dan dimakamkan ( Bukhara ). Serta mengunjungi keunikan negara Rusia.

Republik Uzbekistan (kadang-kadang dieja Uzbekstan atau Ozbekistan)(bahasa Uzbek: O‘zbekiston Respublikasi atau O‘zbekiston Jumhuriyati: Sirilik: Ўзбекистон Республикаси; bahasa Rusia: Республика Узбекистан), adalah sebuah negara antar benua yang terletak sebagian di Asia Tengah dan Eropa Timur yang sebelumnya merupakan bagian dari negara Uni Soviet. Negara dengan wilayah yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kirgizstan dan Tajikistan di timur dan Afganistan dan Turkmenistan di selatan. Bahasa resmi satu-satunya adalah bahasa Uzbek sebuah bahasa Turki tetapi bahasa Rusia tetap dipergunakan secara luas, sisa peninggalan pemerintahan Soviet. Sekitar 1 juta suku Tajik sebuah kelompok etnis yang masih serumpun dengan bangsa Persia menghuni negara ini dan merupakan 4,8% dari seluruh jumlah penduduknya. Kata Ozbek terbentuk dari oz (“sejati/asli”) dan bek (“pemimpin/bangsawan”) sehingga “Ozbek” berarti “bangsawan” atau “pemimpin sejati”.

Fakta Unik Uzbekistan
1. Uzbekistan adalah Pusat “Jalur Sutra” Dunia antara Eropa & Cina
2. Bukhara adalah Pusat Kebudayaan & Pengetahuan Islam di abad ke-8 
3. Kota Bukhara berumur 2500 tahun adalah Museum dengan 140 Monumen
4. Makam Imam Bukhari di Samarkand yang ditemukan presiden Sukarno
5. Registan Square Samarkand adalah salah satu alun-alun terindah di Dunia
6. Chorsu Bazaar Tashkent sudah berusia 1000 tahun dan masih beroperasi
7. Station-station Metro di Tashkent dengan interior yang sangat Indah
8. Al Quran versi Buku tertua di Dunia di Moyie Mubarak Tashkent
9. Kebab, Nasi Pilaf, Manty dan Sup Chucvara (Dimpsum) yang lezat

Rusia adalah negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi, penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa (Maret 2016). Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur, Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah. Dari barat laut sampai ke tenggara, Rusia berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania dan Polandia (keduanya berbatasan dengan Kaliningrad Oblast), Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, China, Mongolia, dan Korea Utara. Negara ini berbatasan laut dengan Jepang di Laut Okhotsk dan negara bagian Alaska, Amerika Serikat di Selat Bering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *