Salah satu kelebihan umrah backpacker jika dibandingkan umrah dari biro perjalanan adalah biayanya yang lebih murah. Anda bisa mengatur sendiri segala hal menjadi lebih murah, memangkas hal-hal tidak perlu, dan mempersiapkan itinerary atau rute perjalanan sesuai dengan keinginan. Dengan mengatur segala hal secara mandiri, Anda bisa memperkirakan berapa banyak biaya yang dibutuhkan dari awal hingga akhir perjalanan.

Cara Umroh Murah

Jika Anda ingin melakukan perjalanan umrah backpacker dalam waktu dekat, hitunglah perkiraan biayanya saat ini juga. Hal ini dilakukan agar persiapan Anda menjadi lebih matang sehingga rencana bisa berjalan dengan baik. Berikut cara umroh murah yang bisa Anda rancang dan hitung sesuai dengan keinginan.

Visa dan Tiket Perjalanan

Biaya terbesar saat akan melakukan perjalanan umrah ke tanah suci baik secara backpacker atau melalui biro wisata adalah visa dan tiket perjalanan. Rata-rata untuk sekali perjalanan pulang dan pergi dibutuhkan biaya Rp13.000.000,00 hingga Rp16.000.000,00. Jika Anda merasa biaya ini cukup besar, carilah beberapa tiket promo yang diberikan oleh maskapai penerbangan dengan rute perjalanan ke Jeddah, Arab Saudi.

Selain memesan tiket promo yang kadang diberikan maskapai, ada baiknya Anda membeli tiket saat low season. Biasanya tiket saat musim non-Haji lebih murah, bahkan sering ada diskon. Anda bisa memilih kapan saja waktu berangkat sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial yang Anda miliki.

Akomodasi di Tanah Suci

Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, ada baiknya Anda berburu hotel atau penginapan di Tanah Suci. Pilihlah akomodasi yang benar-benar nyaman, harga murah, dekat dengan Masjidil Haram/Masjid Nabawi, dan memiliki dapur. Saat low season, harga hotel untuk 6-7 hari berkisar Rp1.500.000,00 hingga Rp2.000.000,00. Harga itu akan naik menjadi 8 kali lipat saat musim haji atau Ramadan tiba.

Pilihlah hotel atau penginapan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

 

Paspor dan Visa Umroh

Land Arrangement (LA)

Land Arrangement biasanya mencakup makan, pemandu wisata, dsb. Selama di Tanah Suci, banyak hotel yang menyediakan jasa ini dengan harga termurah Rp900.000,00 (low season) dan termahal Rp4.800.000,00 (high season). Kalau Anda tidak ingin menggunakan jasa LA tidak masalah karena akan lebih hemat. Pergilah ke kedai yang menjual makanan murah atau memasak sendiri di dapur hotel. Inilah alasan mengapa hotel yang harus Anda pesan di poin 2 wajib memiliki dapur sendiri.

Transportasi di Tanah Suci

Saat melakukan perjalanan umrah secara backpacker, memilih transportasi di Tanah Suci adalah perkara yang krusial. Anda harus pandai-pandai memilih model transportasi yang tepat agar tidak dikenakan biaya yang sangat mahal oleh sopir yang memang dikenal “nakal” terhadap jemaah. Untuk mengatasi hal ini, Anda disarankan untuk menggunakan bus umum atau banyak-banyak jalan kaki jika tempat yang dituju tidak terlalu jauh. Selama melakukan umrah biaya yang dihabiskan untuk transportasi sekitar Rp1.300.000,00.

Pemandu Wisata, Sopir, dan Porter

Ada kalanya saat berada di Tanah Suci Anda bingung dengan arah atau tidak tahu akan ke mana lagi. Untuk mengatasi hal itu disarankan untuk menggunakan jasa pemandu wisata yang bisa Anda peroleh dari biro perjalanan di dalam negeri atau yang langsung ada di sana. Selanjutnya kalau Anda ingin menyewa mobil, mintalah sopir di sana untuk mengantarkan ke tempat bersejarah terbaik. Terakhir, kalau Anda merasa capai saat membawa tas mengingat udara di Arab Saudi yang panas, sewalah jasa porter. Biaya untuk keperluan ini sekitar Rp950.000,00 saat low season.

Umroh Backpacker Murah

Inilah salah satu cara umroh murah yang bisa Anda terapkan saat akan ke tanah suci. Dengan menghitung secara kasar rincihan biayanya, Anda akan dengan mudah mempersiapkan dananya sejak jauh-jauh hari. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *